Sungai Tabuk (28/08/25) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, SMAN 1 Sungai Tabuk menyelenggarakan In House Training (IHT) Pengenalan Pembelajaran Mendalam dan Penerapannya di Kelas pada 19–20 Agustus 2025. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik SMAN 1 Sungai Tabuk dengan penuh antusias.
IHT ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada para guru dalam menerapkan pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning). Model pembelajaran ini menekankan pada pemahaman konsep, pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, serta penumbuhan karakter peserta didik. Dengan demikian, siswa tidak hanya berorientasi pada hasil akademik, tetapi juga pada kemampuan hidup dan kemandirian.
Kepala SMAN 1 Sungai Tabuk dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru adalah garda terdepan dalam mewujudkan generasi unggul. “Melalui IHT ini, kami berharap guru-guru SMAN 1 Sungai Tabuk mampu menghadirkan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, dan menumbuhkan potensi terbaik siswa. Inovasi pembelajaran adalah kunci agar pendidikan kita mampu menjawab tantangan zaman,” ujarnya.
Selama dua hari pelaksanaan, peserta IHT mendapatkan materi teoritis sekaligus praktik penerapan pembelajaran mendalam di kelas. Guru-guru dilatih untuk merancang strategi mengajar yang interaktif, memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek, serta mendorong siswa untuk aktif bertanya, berdiskusi, dan menemukan solusi atas permasalahan nyata di sekitar mereka.
Antusiasme para guru terlihat dari semangat bertanya, berdiskusi, hingga menyusun rancangan pembelajaran yang kreatif. Salah satu peserta IHT menyampaikan, “Kegiatan ini sangat membuka wawasan kami. Dengan pembelajaran mendalam, kami merasa lebih siap menghadirkan kelas yang tidak hanya berisi transfer ilmu, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan abad 21.”
Dengan adanya kegiatan IHT ini, SMAN 1 Sungai Tabuk menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan. Harapannya, guru-guru yang telah dibekali strategi pembelajaran mendalam dapat mengimplementasikannya di kelas, sehingga lahir generasi pelajar yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi masa depan.